MUATAN KURIKULUM
Muatan
Kurikulum PAUD-KB Banana Smart Kindegarten meliputi sejumlah bidang
pengembangan yang keluasan dan kedalamannya mengacu pada Standar Tingkat
Pencapaian Perkembangan Anak dan muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah
serta kegiatan pengembangan diri.
1. Bidang Pengembangan
Bidang
pengembangan merupakan bahan ajar yang akan diberikan pada anak didik dengan
menggunakan pendekatan tematik, yang mencakup beberapa aspek perkembangan,
yaitu: Moral dan Nilai-nilai Agama, Sosial, Emosional dan Kemandirian,
Kemampuan Berbahasa, Kognitif, dan Fisik – Motorik.
Adapun
standar tingkat pencapaian anak usia 4 – 6 tahun adalah sebagai berikut:
a.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan 4 – 5 Tahun
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
I.
Nilai-Nilai Agama dan Moral
|
|
Merespon hal-hal yang terkait
dengan nilai agama dan moral.
|
|
II.
Motorik
|
|
A. Motorik Kasar
|
|
B. Motorik Halus
|
|
III.
Kognitif
|
|
A. Mengenal Pengetahuan Umum
|
|
B. Mengenal Ukuran, Bentuk, dan Pola
|
|
IV.
Bahasa
|
|
A. Menerima Bahasa
|
|
B. Mengungkapkan Bahasa
|
|
V.
Sosial - Emosional
|
|
Mampu mengendalikan emosi
|
|
b.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan 5 – 6 Tahun
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
I.
Nilai-Nilai Agama dan Moral
|
|
Merespon hal-hal yang terkait
dengan nilai agama dan moral.
|
|
II.
Motorik
|
|
A. Motorik Kasar
|
|
B. Motorik Halus
|
|
III.
Kognitif
|
|
A. Mengenal Pengetahuan Umum
|
|
B. Mengenal Ukuran, Bentuk, dan
Pola
|
|
IV.
Bahasa
|
|
A. Menerima Bahasa
|
|
B. Mengungkapkan Bahasa
|
|
V.
Sosial - Emosional
|
|
Mampu mengendalikan emosi
|
|
2. Muatan Lokal
Muatan
lokal merupakan kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah
yang pelaksanaannya tetap terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran pada
umumnya. Substansi muatan lokal ditentukan oleh sekolah. Muatan lokal yang ada
di TK Labschool UPI adalah pembelajaran bahasa sunda dan budaya sunda seperti
penggunaan permainan tradisional, nyanyian daerah, pencak silat, dan lain
sebagainya.
3. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan
diri diarahkan untuk pengembangan karakter anak didik yang ditujukan untuk
mengatasi persoalan dirinya maupun persoalan masyarakat di lingkungan
sekitarnya. Kegiatan pengembangan diri di TK Labschool UPI antara lain:
- Bimbingan bagi anak;
- Pembelajaran yang bersifat child-centered.
4. Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan
kecakapan hidup yang diterapkan oleh sekolah merupakan bagian integral dari
pembelajaran pada setiap lingkup perkembangan. Dengan demikian, materi
kecakapan hidup akan diperoleh anak didik melalui kegiatan pembelajaran dan
pembiasaan sehari-hari.
5. Beban Belajar
Beban
belajar yang diterapkan PAUD-KB Banana Smart Kindegarten berorientasi pada prinsip-prinsip
perkembangan anak didik.
6. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan
belajar dapat dilihat dari pencapaian setiap indikator yang dikembangkan
sebagai suatu pencapaian tingkat perkembangan anak. Kriteria ketuntasan belajar
di PAUD-KB Banana Smart Kindegartenmempertimbangkan dan mengacu pada kompleksitas bidang
pengembangan, tugas-tugas perkembangan anak, dan kemampuan serta kebutuhan anak
didik.
0 komentar:
Posting Komentar